LOGO DISKOMINFOTIK
Beranda > Berita > Percepatan Digitalisasi: Dinas Kominfotik Lombok Barat Selenggarakan Bimte…
BIMTEK SRIKANDI

Percepatan Digitalisasi: Dinas Kominfotik Lombok Barat Selenggarakan Bimtek Aplikasi SRIKANDI di Dinas Kesehatan

Posting oleh diskominfolobar - 15 Mei 2023 - Dilihat 117 kali

Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat mengadakan pelatihan Bimtek aplikasi SRIKANDI di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman pegawai di Dinas Kesehatan tentang aplikasi SRIKANDI yang sudah ditetapkan menjadi aplikasi umum melalui peraturan pemerintah, baik peraturan presiden maupun peraturan menpan.

Sumirah, Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat, menekankan bahwa aplikasi SRIKANDI harus diterapkan dan dipakai karena keuntungannya yang jelas dan sudah diatur oleh peraturan pemerintah. Selain itu, beliau juga menjelaskan mengenai kemudahan dalam mengelola surat melalui SRIKANDI, termasuk efektivitas, efisiensi dan penghematan kertas yang dapat dirasakan oleh pengguna aplikasi ini.

Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat menerima Diskominfo dengan antusias karena aplikasi SRIKANDI sangat membantu dalam hal surat menyurat dan pengarsipan surat. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan proses pengelolaan surat menyurat di lingkungan kerja dapat lebih efisien dan teratur.

Pelatihan Bimtek aplikasi SRIKANDI ini diikuti oleh 15 pegawai dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat. Mereka diajarkan tentang cara mengoperasikan aplikasi SRIKANDI dan manfaatnya dalam pekerjaan sehari-hari. Detail kegiatan yang dilakukan yaitu cara mendisposisi Surat masuk yang dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Ke Sekretaris Dinas Kesehatan, Sekretaris meneruskan disposisi ke staff lainnya, dan staff tersebut melakukan tindak lanjut atau menyelesaikan disposisi setelah kegiatan selesai dilaksanakan. Selanjutnya Untuk Surat Keluar dari Dinas Kesehatan peserta Bimtek bagian TU dari Dinas Kesehatan diajarkan cara menambahkan tempat penormoran surat otomatis dan tempat tanda tangan digital pada konsep surat, lalu konsep surat tersebut di register di aplikasi SRIKANDI dan dikirim ke verifikator pertama, jika verifikator menolak surat tersebut maka surat akan di kembalikan ke konseptor untuk di perbaiki, jika verifikator pertama setuju, maka surat tersebut akan diteruskan ke verifikator ke dua dan seterusnya. Selanjutnya setelah semua verfikator menyetujui surat yang akan dikirim, surat tersebut akan masuk di Akun aplikasi SRIKANDI Kepala Dinas Kesehatan dan di tanda tangani secara elektronik oleh Kepala Dinas Kesehatan, Setelah proses tanda tangan digital selesai surat tersebut akan langusng dikirim ke penerimanya. Setelah pelatihan selesai, diharapkan pegawai dapat lebih mahir dalam menggunakan aplikasi SRIKANDI dan dapat memaksimalkan keuntungannya dalam pekerjaan mereka.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat, Arief Suryawirawan, berharap aplikasi SRIKANDI dapat diterapkan di seluruh Puskesmas di wilayah Kabupaten Lombok Barat sebagai upaya mewujudkan sistem kerja yang lebih modern, efisien, dan ramah lingkungan. Beliau menambahkan bahwa aplikasi SRIKANDI akan membantu mempercepat dan mempermudah proses pengelolaan surat di seluruh puskesmas, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *