LOGO DISKOMINFOTIK
Beranda > Tentang

Tentang

Posting oleh diskominfolobar - 20 Jan. 2022 - Dilihat 188 kali

Teknologi informasi merupakan suatu perpaduan sejumlah teknologi, telah memungkinkan terjadinya internetworking yangmenyebabkan faktor jarak dan waktu menjadi kurang berarti. Informasi dapat mengalir dari satu tempat ke tempat yang lain dengan kecepatan cahaya dan dapat dimanfaatkan untuk konsolidasi, koordinasi, dan kolaborasi yang mampu menghasilkan tindakan-tindakan dengan pertimbangan keuntungan skala global.

Melalui internetworking tersebut dapat disebarkan informasi dalam jumlah besar secara gencar untuk membentuk opini publik secara global terhadap suatu tindakan yang telah, sedang dan akan dilakukan untuk menghasilkan manfaat yang sepenuhnya dikendalikan oleh penyebar informasi. Teknologi telah membawa dunia menuju ke era informasi modern, di mana informasi merupakan salah satu sumber
daya paling penting sehingga harus dikelola dengan baik untuk tujuan tujuan tertentu yang menguntungkan pelakunya. Dengan kecepatan pengumpulan dan penyebarannya yang sangat tinggi, informasi sangat mungkin difungsikan sebagai suatu senjata strategis dalam memenangkan persaingan global. Informasi berada pada garda terdepan dalam pertempuran kompetisi, mendahului asset-aset yang lain.
 
Informasi yang dikelola dan dikomunikasikan dengan baik akan dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi yang melakukannya. Sejalan dengan perkembangan teknologinya, peran komunikasi publik menjadi semakin dominan dalam usaha mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat, membentuk opini publik dan
menjalankan fungsi-fungsi demokrasi dalam bernegara. Kegiatan komunikasi massa yang dilakukan untuk penyebaran informasi melalui segala macam media dengan memanfaatkan teknologi informasi seoptimal mungkin akan menjalin keterhubungan antar elemen masyarakat. Keterhubungan ini bukan hanya pada tingkatan teknikal
saja, yang terbentuk dari elemen pengirim, penerima dan kandungan informasi yang dikomunikasikan, tetapi lebih kepada komunikasi pada tingkatan semantik dan perilaku.
 
Komunikasi massa memiliki peran strategis sebagai komplemen dari teknologi informasi yang banyak berperan pada tingkatan teknis. Dengan demikian teknologi informasi dan komunikasi menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam usaha mengelola informasi untuk mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan sebagai syarat untuk memenangkan persaingan global. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini telah memberikan ruang gerak yang cukup leluasa bagi masyarakat untuk memperoleh informasi, telah membawa dampak pada sistem administrasi manajemen pemerintahan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat akan keterbukaan (transparansi), efisiensi dan pelayanan yang lebih baik. Menyadari situasi dan kondisi yangberkembang, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat harus responsive dan secara bertahap dan terus menerus melakukan pembenahan dan perbaikan terhadap penyelenggaraan administrasi pemerintahan

menuju terwujudnya good governance melalui pengembangan elektronik Government (e-Gov). Hal mana dimungkinkan dengan dukungan berbagai penerapan sistem, diantaranya Government to Government (G2G), Government to Citizen (G2C) dan Government to Business (G2B).

Bidang statistik jugat memegang peranan penting dan strategis yang dapat memberikan data, gambaran dan performan suatu daerahmelalui kaidah-kaidah sesuai peraturan perundangan-undangan yangada. Statistik  memberikan data mengenai perkembangan suatu kondisi, baik kondisi yang menurun, tetap atau stabil dan jugaperkembangan yang meningkat, dengan demikian pengambilankebijakan dapat mengambil langkah-langkah konstruktif untukkemajuan pembangunan suatu daerah.

Dengan demikian dalam pelaksanaan otonomi, pemerintah daerah mempunyai wewenang yang lebih luas dalam menentukan kebijakan dan program yang terbaik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah, khususnya dibidang komunikasi, informatika dan statistik, yang dituangkan dalam dokumen perencanaan yang baik, akuntabel dan transparan.