LOGO DISKOMINFOTIK
Beranda > Tugas Dan Fungsi

Tugas dan Fungsi

Posting oleh diskominfolobar - 20 Jan. 2022 - Dilihat 250 kali
Berdasarkan Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 04 Tahun 2019 Perubahan Atas Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 65 Tahun 2016 Tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Komunikasi,  Informatika dan Statistik, kedudukan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Lombok Barat adalah merupakan merupakanbunsur pelaksana otonomi daerah.
 
Sejalan dengan kedudukannya, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Lombok Barat mempunyai tugas-tugas memimpin, mengatur,  erumuskan, membina, mengendalikan, mengkoordinasikan dan mempertanggung-jawabkan kebijakan teknis pelaksanaan urusan pemerintahan daerah di bidang Komunikasi,
Informatika dan Statistik berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan sesuai dengan kewenangannya, maka fungsi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Lombok Barat adalah sebagai berikut :
  1. Penyusunan rencana strategis bidang Komunikasi, Informatika dan Statistik;
  2. Perumusan kebijakan teknis bidang Komunikasi, Informatika dan Statistik;
  3. Pelaksanaan urusan pemerintahan dan pelayanan umum bidang Informasi dan Komunikasi Publik, bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, bidang layanan E-Government, bidang Statistik;
  4. Pembinaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporanmpelaksanaan kegiatan bidang Informasi, Komunikasi Publik, Informatika dan Statistik;
  5. Pembinaan terhadap Unit Pelaksana Teknis Dinas di bidang Informasi, Komunikasi Publik, Informatika dan Statistik;
  6. Pelaksanaan kegiatan penata usahaan dinas Komunikasi dan Informatika dan;
  7. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
Berikut ini adalah uraian tentang tugas dan fungsi SKPD DinasKomunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Lombok Barat.
 
1. Kepala Dinas.
Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik KabupatenLombok Barat dipimpin oleh
Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada
bupati melalui Sekretaris Daerah.
 
2. Sekretariat.
Sekretariat dipimpin oleh seorang Kepala yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Dinas. Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam memimpin, membina, mengarahkan mengkoordinasikan dan mengendalikan tugas-tugas lingkup pengelolaan dan pelayanan kesekretariatan yang meliputi pengelolaan umum kepegawaian, pengkoordinasian penyusunan program, pengelolaan keuangan serta
pengkoordinasian tugas-tugas Bidang.Untuk menyelenggarakan tugas dimaksud, Sekretariat menyelenggarakan fungsi :

 

  • Penyelenggaraan administrasi umum, rumah tangga dan  perlengkapan;
  • Penyelenggaraan administrasi keuangan dan kepegawaian;
  • Pelaksanaan pembinaan pelaksanaan administrasi umum, keuangan dan kepegawaian;
  • Penyelenggaraan pembinaan kelembagaan dan ketatalaksanaan;
  • Penyiapan bahan rancangan dan pendokumentasian perundang-undangan, pengelolaan perpustakaan dan hubungan masyarakat;
  • Pelaksanaan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  • Penyusunan laporan hasil kegiatan sekretariat;
  • pelaksanaan pengkoordinasian penyelenggaraan tugastugas Bidang; dan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh kepala dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya
Dalam penyelenggaraan tugas dan fungsinya, Sekretariat didukung oleh Sub Bagian, yakni:
a. Sub Bagian Program memiliki fungsi:
  • pelaksanaan penyusunan rencana dan anggaran sub bagian Program;
  • pelaksanaan penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan rencana, program di bidang Komunikasi dan Informatika ;
  • pelaksanaan penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan anggaran di bidang Komunikasi dan Informatika ;
  • pelaksanaan penyiapan bahan penyusunan pedomanteknis pelaksanaan kegiatan tahunan di bidang Komunikasi dan Informatika ;
  • penyiapan bahan penyusunan satuan biaya, daftar isian pelaksanaan anggaran, petunjuk operasional kegiatan, dan revisi anggaran;
  • pelaksanaan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data dan statistik di bidang Komunikasi dan Informatika ;
  • pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan di bidang Komunikasi dan Informatika ;
  • pelaksanaan penyusunan laporan kinerja di bidang Komunikasi dan Informatika ;
  • pelaksanaan penyusunan laporan dan pendokumentasian kegiatan sub bagian Program; dan
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas sesuai dengan tugasnya.
b. Sub Bagian Keuangan memiliki fungsi:
  • pelaksanaan penyusunan rencana dan anggaran Sub bagian Keuangan;
  • pelaksanaan urusan akuntansi, dan verifikasi keuangan;
  • pelaksanaan urusan perbendaharaan, pengelolaan penerimaan negara bukan pajak, pengujian dan penerbitan surat perintah membayar;
  • pelaksanaan urusan gaji pegawai;
  • pelaksanaan administrasi keuangan;
  • pelaksanaan penyiapan pertanggungjawaban danpengelolaan dokumen keuangan;
  • pelaksanaan penyusunan laporan keuangan;
  • pelaksanaan penyiapan bahan pemantauan tidak lanjut laporan hasil pengawasan dan penyelesaian tuntutan perbendaharaan dan ganti rugi;
  • pelaksanaan penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU) dan Rencana PemeliharaanBarang Unit (RPBU);
  • pelaksanaan penyiapan bahan penatausahaan daninventarisasi barang;
  • pelaksanaan penyusunan laporan dan pendokumentasian kegiatan Sub Bagian Keuangan;dan
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas sesuai dengan tugasnya.
c. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian memiliki fungsi:
  • pelaksanaan penyusunan rencana dan anggaran Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  • pelaksanaan urusan rencana kebutuhan dan usulan pengembangan pegawai;
  • pelaksanaan urusan mutasi, tanda jasa, kenaikan
  • pangkat, kenaikan jabatan, pemberhentian dan pensiun pegawai;
  • pelaksanaan urusan tata usaha kepegawaian, disiplin pegawai dan evaluasi kinerja pegawai;
  • pelaksanaan urusan tata usaha dan kearsipan;
  • pelaksanaan urusan rumah tangga, keamanan dan kebersihan;
  • pelaksanaan urusan kerja sama, hubungan masyarakat dan protokol;
  • pelaksanaan evaluasi kelembagaan danketatalaksanaan;
  • pelaksanaan telaahan dan penyiapan bahan penyusunan peraturan perundang-undangan;
  • pelaksanaan penyusunan laporan dan pendokumentasian kegiatan Sub bagian Umum dan Kepegawaian; dan
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas sesuai dengan tugasnya.